Kamis, 21 April 2011

Potensi Bisnis Kelinci


Kelinci merupakan ternak potong non-ruminansia potensial bila dilihat dari aspek produksi dan reproduksi. Ternak ini bila dikelola secara intensif dapat beranak 4-8 kali dalam setahun. Industri kelinci di Eropa dan Amerika dikenal dengan istilah RABBITRY, dan telah berkembang menjadi suatu industry ternak komersial. Di spanyol misalnya, produksi daging kelinci mencapai 110 juta Kg per tahun, setara dengan jumlah daging domba.


A. Ras Komersil
Ras kelinci komersial yang umum dibudidayakan sebagai penghasil daging adalah New Zealand White dan Flamish Giant. Kelinci ini dapat mencapai berat 2 Kg pada umur delapan minggu dengan tingkat pertumbuhan sekitar 40 gram per hari dan persentase karkas 50%-60% dari berat hidup.

B. Penghasil Pupuk
Kelinci dapat menghasilkan pupuk organic berupa kompos dari kotoran dan urine. Kualitas pupuk organic yang berasal dari kotoran (feses dan urine) sangat baik digunakan untuk tanaman hortikultira (sayur-sayuran dan tanaman hias).

C. Kemampuan Tinggi
Kelinci memiliki kemaapuan tinggi sebagai penghasil daging dibandingkan sapi atau kambing, karena sifatnya yang PROLIFIK (kemampuan beranbak banyak). Ternak kelinci cepat berkembang biak, dan beranak banyak (4-12 ekor) per kelahiran dan dalam setahun dapat diatur 4-8 kali kelahiran.

D. Potensi Bisnis
Kelinci sangat potensial untuk dikembangkan, tidak hanya sebagai penghasil daging, melainkan juga sebagai penghasil bulu, FUR (kulit dan bulu) atau ternak hias. Pasar komoditas kulit bulu . Daging kelinci memiliki kualitas yang cukup baik karena kandungan kolesterolnya yang relative rendah dibandingkan dengan ternak-ternak penghasil daging lainnya. Daging kelinci dapat dioleh menjadi berbagai macam jenis makanan seperti Sosis, Baso, Nugget, sate, Dendeng dan Sop atau Tongseng. (dari berbagai sumber)

2 komentar:

  1. ulasan yang sangat menarik, saya tertarik untuk berbisnis kelinci bagaimana cara memualinya, apakah bisa menjadi mitra binaan dari binatani?

    BalasHapus
  2. mohon di ulas hitungan bisnis dan gambaran kelayakan usahanya, syukron,..

    BalasHapus