Kamis, 21 April 2011

Program SMD dari Kementerian Pertanian Tahun 2010


Kegiatan Sarjana Membangun Desa (SMD) merupakan salah satu kegiatan Direktorat Jenderal Peternakan Departemen Pertanian dalam upaya pemberdayaan kelompok tani ternak yang dilakukan dengan menempatkan tenaga Sarjana Peternakan dan Kedokteran Hewan maupun D-3 Ilmu-ilmu Peternakan dan Kedokteran Hewan di kelompok tani. Dengan penempatan SMD di pedesaan diharapkan dapat melakukan transfer teknologi dari Perguruan Tinggi ke masyarakat dan meningkatkan jiwa kewirausahaan.

Kegiatan Sarjana Membangun Desa (SMD) telah dilaksanakan sejak tahun 2007dengan fokus pada pengembangan usaha sapi potong untuk mendukung program swasembada daging sapi 2014 (PSDS). Tahun 2009 kegiatan SMD diperluas pada komoditi ternak unggas lokal, sapi perah, kambing/domba dan kelinci, dimana keempat komoditi ini tidak hanya dapat meningkatkan usaha ekonomi di pedesaan, tetapi juga berperan mendukung program restrukturisasi perunggasan dan memperkuat program diversifikasi pangan.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, pelaksanaan kegiatan SMD tahun 2007 hingga tahun 2009 ditinjau dari aspek teknis, kelembagaan dan pengembangan usaha cukup signifikan pengaruhnya terhadap kemajuan dan perkembangan kelompok, sehingga pada tahun 2010 kegiatan ini lebih diperluas dan dikembangkan baik komoditi maupun pelaksanaannya. (Dikutip dari : Pedoman Umum SMD 2010)

2 komentar:

  1. apakah sudah ada info untuk SMD tahun 2011, saya tertarik untuk membangun desa juga.

    BalasHapus
  2. mohon bisa sharing, bagaimana cara/metode dalam pemberdayaan masyarakat, saya tertarik dengan kegiatan wirausaha yang berbasis pemeberdayaan masyarakat. terimakasih

    BalasHapus